Thursday 3 August 2017

Tips Mencari Host Family versi Suci

Bermula dari mendengar kabar salah satu dari seorang kenalan yang diperlakukan cukup tidak adil oleh host family nya saya merasa untuk perlu menuliskan hal beberapa hal yang wajib diperhatikan saat teman-teman ingin mencari host family:


  1. Cari Info sebanyak-banyaknya infromasi mengenai aupair, mulai dari tanggung jawab seorang aupair dan juga hak yang kita dapatkan sebagai aupair di keluarga tersebut. Karena setiap negara memiliki regulasi yang berbeda untuk program aupair ini, jadi sangat baik apabila sebagai calon aupair teman-teman membaca dengan jelas apa saja regulasi dari negara yang teman-teman tuju.
  2. Ada baiknya memilih host family yang merupakan penduduk lokal, karena salah satu keuntungan dari kita mengikuti program ini adalah mengenal dan belajar budaya lokal dari negara yang kita tuju, tapi bukan berarti tidak boleh memilih keluarga diluar itu yah.
  3. Perhatikan dengan baik: mulai dari berapa anak yang menjadi tanggung jawab kita, latar belakang calon host family it means pekerjaan mereka dan kalau sebelumnya mereka sudah pernah berpengalaman dengan aupair ada baiknya meminta kontak aupair sebelumnya agar bisa jadi referensi bagaimana si calon keluarga.
  4. Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk menerima si calon host family: walaupun yah saya tau pasti rassanya ingin segera berangkat terbang ke negeri 4 musim ini, tapi perlu dipertimbangkan lagi teman-teman akan pergi ke negara yang jauh tanpa teman, saudara ataupun keluarga yang menemani jadi seandainya terjadi hal yang tidak diinginkan itu dapat dihindari.
  5. Jangan ber-ekspektasi terlalu tinggi: tinggal di luar negri, jalan-jalan, bebas, blablabla.. you have to remember that you will live in someone else house, they have their own rules so you have to follow their rules. 
  6. Pada saat interview dengan si calon host family, walaupun untuk negara Belgia sendiri kalau di berbagai situs yang saya kunjungi sewaktu cari host family tidak mencantumkan apa saja yang akan di biayai sama si host family ada baiknya teman-teman bernegosiasi dengan si calon host. karena untuk keperluan administrasi, kirim dokomen dan tiket pesawat itu bisa dibilang tidak murah ya. sepintarnya teman-teman untuk bernegosiasi supaya tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Karena aupair butuh host family, begitu juga host family mereka cari aupair karena mereka butuh.
  7. Pada saat interview bicarakan dengan sangat sangat detail soal tugas, jam tugas, waktu luang, makanan (untuk calon aupair muslim jikalau mendapatkan calon host non muslim), akomodasi selama disana, fasilitas apa saja yang akan didapat, usahakan sangat rinci yah dan tanyakan apapun yang kalian rasa kurang jelas. Sekali lagi menghindari yang namanya SALAH PAHAM.

Sepertinya cukup hahaha, intinya teman-teman kita itu akan tinggal dirumah orang yang bahasanya beda, budayanya beda, makanan sehari-harinya beda jadi sangat sangat diperlukan ilmu cepat dan pintar-pintar beradaptasi. Jika kamu sudah memutuskan melangkahkan kakimu meninggalkan zona nyamanmu, terima segala kemungkinan dan resiko yang akan terjadi di depan sana. Just believe that God will always with you, be kind and be nice to everyone because maybe they didn't reply your kindness directly but maybe their du'a makes your ways easily.



hugs and kisses with love
from Zaventem ^^

No comments: