Friday 10 February 2017

Legalisir SKCK di KEMENKUMHAM, KEMENLU, DAN KEDUTAAN BELGIA + Apply visa AUPAIR di belgia

Here we are...
Ini catetan soal proses dari salah satu persyaratan apply visa yah yaitu SKCK YANG SUDAH DI LEGALISIR KEMENKUMHAM DAN KEMENLU.
1. SKCK terbitan MABES POLRI
sebenernya kalau kita uda punya skck dari polda ataupun polres lebih enak sih jd tinggal bawa tambahan dokumen yg diperluin aja, :
- pas foto ukuran 4x6 (bawa aja 5lembar, sisanya dibalikin kok)
- fotokopi kk
- fotokopi akte lahir
- dan jangan lupa dibawa kalau kalian uda punya skck dr polres atau polda nya
- uang administrasi yang sekarang jd 30ribu yaah
Untuk prosesnya bisa ditunggu kok , maksimal satu jam aja. So, sabar okeh 
Yak, selesai dr Mabes waktu itu gw langsung cuusss ke Kemenkumham soalnya gw gamau bolak balik gt jadi sekalian aja jalannya. Dari Mabes polri di blok m, tinggal naik kopaja 66 turun pas di depan kemenkumham, gedungnya yg pas di sebrang pasar festival yah karna gedungnya ada banyak..
Langsung aja naik ke lantai 3, nanti ada security yg nanya apa keperluan kita.
2. Legalisir SKCK di KEMENKUMHAM
naah yang perlu disiapin untuk proses ini adalah:
- SKCK ASLI yang dari MABES POLRI
- fotokopi SKCK nya
- fotokopi KTP
- materai 6000 (1lembar)
- map (warna apa aja, wkt itu gw kuning)
- uang admin 25 ribu yang dibayar di loket bank bni yang ada disitu juga
Setelah nmor antrian kita dipanggil nanti mbak/mas nya bakal cek kelengkapan file kita abis itu kita diarahin ke komputer yg ada di pojokan sana untuk isi data biar dapet kupon buat bayar adminnya itu. Nah untuk proses di KEMENKUMHAM ini sendiri selesai nya 3 hari aja, gw apply hari jumat dan bisa ambil dokumennya rabu jam1 siang.
3. LEGALISIR SKCK di KEMENLU
gw nganter dokumen ke KEMENLU nya pas sekalian gw ambil file yg di KEMENKUMHAM itu, gw deg2an sih takut ga keburu tapi ternyata keburu kok.
Dari depan gedung KEMENKUMHAM sebenernya bisa naik kopaja 20 nanti lgsg turun depan KEMENLU tapi karna wkt itu gw ngejar waktu jd gw naik ojek online dan Alhamdulilah sampe kemenlu masih buka loketnya. Syarat untuk legalisir disini juga sama kaya di KEMENKUMHAM dokumen yg diperluinnya:
- SKCK YG SAMA yang udah di legalisir di KEMENKUMHAM
- fotokopi SKCK
- materai 6000 (1lembar)
- fotokopi KTP
- map (warna kuning)
- biaya admin 25ribu yg dibayar lgsg sama mbak loketnya
- isi form yg dikasih sama security
Buat legalisir di KEMENLU ini lebih enak karna cuma sehari, gw apply rabu trus jumatnya uda bisa diambil. Dan di kemenlu lebih sepi dibanding sama KEMENKUMHAM.
3. Legalisir SKCK di KEDUTAAN BELGIA
Rencana awal gw itu jumat gw ambil skck dr kemwnlu terus ke kedutaan buat apply aja, eh nyatanya Allah baik banget sama gw dan gw lagi beruntung jadi sekalian legalisir gw bisa lgsg apply visa.
Buat legalisir SKCK di kedutaan syaratnya masih sama kok, cuma biaya adminnya itu 300ribu yah.
*buat yang ini gw percaya, kalau niat lo baik dan itu emang rezeki lo Allah akan ngasih kemudahan dan kelancaran, seriusan.
Karna gw beruntung banget deh, gw gaperlu turun untuk setoran tunai ke Deutsch bank karna pas mbaknya nanya bawa uangnya gw lgsg kasih semua uangnya ke dia barengan sama dokumen2 yang gw bawa. *ini juga gw merasa beruntung, gw itu anaknya lupaan dan teledor banget dan Alhamdulilahnya adalah semua dokumen yg berkaitan sama keperluan auoair gw iru semua gw taro tas dan emang sengaja gw siapin jauh2 hari biar gw ga kelupaan.
FYI, ini syarat yang kalian perluin untuk apply visa yah:
- work permit
- fotokopi paspor
- fotokopi medical sertificate
- fotokopi skck yg uda di legalisir itu yah
- fotokopi surat kontrak kita yg uda di ttd host family
- fotokopi surat keterangan kalau kita akan ikut sekolah bahasa nanti disana
- fotokopi kalau kalian uda di daftarin asuransi
- fotokopi family registration (kk nya host family kayanya)
- fotokopi bukti bayar retribusi €215 yg dibayar sama host fam disana
- uang administrasi visa sebesar IDR 2.700.000
- pas foto ukuran 4,5 x 3,5 yang ukurannya sesuai standar apply visa belgia dgn background putih yah..
*untuk foto buat visa ini kalo ga mau ribet di artalex digital di belakang djakarta theater aja karna mreka uda paham soal foto visa gini.
*note
Sebenernya buat yg tinggal di jakarta dan sekitarnya gw sih ngga nyaranin kalian pake biro atau calo buat ngurus yah, karna prosesnya ga ribet kok. Kecuali translate ijazah yah itu mesti ke SWORN TRANSLATOR yg uda ditunjuk kedutaan yah. Dan resepsionis kedutaan belgia nya tuh sangat sangat membantu, mreka selalu respon email gw yang pernah ga penting2 amat yg gw tanyain dan mreka ramah ramah banget
Alamat Kedutaan Belgia di Jakarta:
Deutsche Bank Building 16th floor. (Bundaran HI)
Jalan Imam Bonjol 80 10310 Jakarta
Indonesia
Telp.
+62 21 316 20 30
+62 21 316 20 35
+62 816 947 859 Emergency number outside opening hours
jakarta@diplobel.fed.be
http://diplomatie.belgium.be/indonesia/

1 comment:

LarasLatuheru said...

Kak aku kan pernah bikin skck di mabes tapi tulisannya work in czech republic, kalo misalnya nanti aku datang ke mabes, bilangnya mau perpanjang tapi tulisan keperluannya di ganti jadi Au Pair. bisa ngga yah pak? Soalnya kalo mulai dari polsek polres,trs sidikjari lagi, kan datanya masih sama kak🙏 terimakasih ya