Monday 25 September 2017

Transportasi di Belgia

Assalamualaikum kamu catatanku, lama tidak saling sapa...
Kali ini akan ku tuliskan bagaimana sistem transportasi di Belgia, negara ini terbagi dalam dua wilayah yaitu Wallonia dan Flemish begitu juga sistem transportasinya. Istimewa dan agak 'ribet' karna untuk transportasi dibagi menjadi tiga. 

  1. Wilayah Brussels, nah berhubung kota ini merupakan ibukota negara jadi sangatlah spesial karna kota ini sistem transportasinya di pegang oleh satu perusahaan yaitu STIB meliputi metro, tram dan bus. Untuk traveller atau kalian yang tidak tinggal di wilayah Brussels cukup membeli tiket sekali jalan di mesin yang tersedia, tapi untuk kalian yang tinggal di wilayah Brussels baiknya untuk berlangganan kartu transportasi karna lebih murah.
  2. Flemish, ini merupakan wilayah Belgia yang menggunakan bahasa Belanda. Dan untuk wilayah Flemish perusahaan transportasi yang bertanggung jawab adalah De Lijn di beberapa wilayah Flemish terdapat kereta, tram, metro dan juga bus. Khusus untuk De Lijn jika kalian memiliki kartu sim lokal Belgia kalian bisa membeli tiket dengan cara sms, harganya 50 cent lebih mahal jika kalian menggunakan tiket berlangganan, tapi lagi-lagi untuk traveller kalian bisa beli tiket dengan cara cash yah
  3. Wallonia, daerah yang merupakan wilayah Belgia yang berbahasa Perancis ini transportasinya dikelola oleh perusahaan transportasi TEC kalian bisa cek langsung di website wilayah tempat tinggal kalian untuk informasi lebih lanjutnya yah. 
  4. Transportasi antar kota dan antar negara, kalian bisa cek website dari kereta SNCB yah.

Transporatsi umum di negara ini jarang sekali terlihat penuh sesak, sangat nyaman untuk ibu-ibu yang membawa anak kecil. Dan juga warga lokal Belgia akan mendahulukan transportasi umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Tapi, tetap harus waspada yah, karena di beberapa wilayah di brussels terkenal dengan copet nya. duuhh duuh
cukup sekian untuk kali ini

No comments: